Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) melalui Unit Peneltian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) telah melakukan Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi (Sosdarkaminfo) di SMKN 1 Cibinong (13/04). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari Unit PPM STSN yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran keamanan informasi dikalangan muda. Kegiatan Sosdarkaminfo di SMKN 1 Cibinong dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang SDM SMKN 1 Cibinong yaitu Ibu Hastanti.

Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada STSN yang telah berkenan untuk memberikan materi kesadaran keamanan informasi dan menyosialisasikan adanya kerawanan pada keamanan informasi bagi para siswa SMKN 1 Cibinong khususnya dalam penggunaan teknologi informasi. selanjutnya, kegiatan Sosdarkaminfo dibagi menjadi 2 bagian yaitu presentasi materi dan demo sniffing (mengambil password dari jaringan).

Materi pertama bertemakan kerawanan dalam menggunakan teknologi informasi. Pada Materi ini disampaikan sebuah contoh penggunaan Handphone untuk Social Media maupun mencari data di internet. Ternyata hal tersebut mempunyai kerawanan berupa, adanya penipuan, pencurian data, penyebaran virus, dan ancaman lainnya yang membahayakan. Setelah materi pertama, dilanjutkan dengan demo sniffing atau mengambil password dari jaringan, peserta diberikan gambaran langsung tentang mudahnya proses sniffing. Hal ini dimaksudkan untuk memunculkan sikap kewaspadaan peserta dalam menjaga informasi yang dimilikinya, sehingga akan tercipta kesadaran akan keamanan informasi.

Materi kedua berisikan mengenai cara untuk mengatasi kerawanan dalam menggunakan teknologi informasi, yaitu dengan melakukan penggunaan internet sehat. Pembicara memberikan berbagai saran serta motivasi agar peserta selalu waspada dalam menjaga informasi yang dimilikinya. Selanjutnya diadakan sesi tanya jawab, antusiasme peserta terlihat pada sesi ini dikarenakan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta kepada pembicara. Hal ini menunjukkan keingintahuan peserta terkait keamanan informasi.

Kegiatan Sosdarkaminfo di SMKN 1 Cibinong selesai pada pukul 12.00 WIB. Seluruh peserta kembali ke ruang kelas masing-masing sembari memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pembicara.

Sebelumnya Berikutnya