Parung, Bogor – Sekolah Tinggi Sandi Negara melakukan sosialisasi kesadaran keamanan informasi (sosdarkaminfo) di Aula SMAN 1 Parung, pada hari jum’at, 23 September 2016.

Antusiasme peserta sosialisasi terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta seputar prosedur pengamanan informasi dan ancamannya, dan beberapa pertanyaan seputar SPMB STSN.

Sekertaris Jurusan Tehnik Persandian STSN, M. Yusuf Bambang Setiadji, S. ST., M. Kom., menjelaskan bahwa pengguna internet khususnya media sosial diharapkan lebih bijaksana dalam mengunggah/memposting yang terkait privasi masing-masing individu, seperti nomor rekening, nomor ponsel, gambar-gambar yang menyatakan aktifitas, dan data pribadi lainnya. “Cyber Crime, Cyber Bullying, penyalahgunaan konten, dan virus adalah contoh kecil,” katanya. “Harusnya, itu dapat dihindari.”

Dalam sosialisasi kali ini, para perserta disuguhkan demo pengamanan informasi lewat media gambar atau biasa disebut steganografi. Peserta dipersilahkan untuk berinteraksi dalam proses pembuatannya. Selain itu, Mahasiswa STSN juga memperlihatkan kepiawaian mereka dalam melakukan intersepsi data lewat media ponsel.

Diakhir sesi sosialisasi di SMAN 1 Parung ini ditandai dengan diberikannya plakat STSN sebagai cinderamata yang diserahkan kepada kepala sekolah SMAN 1 Parung.

Sebelumnya Berikutnya