Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang didirikan berdasarkan surat Mendiknas Nomor 19/MPN/2002 tanggal 17 Januari 2002 dan diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Untuk menghasilkan lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, diperlukan proses pendidikan yang tepat kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara sesuai dengan kriteria sumber daya manusia yang telah ditetapkan. Guna mendapatkan calon mahasiswa STSN yang baik secara akademis, kepribadian, sehat jasmani, mental dan rohani serta mampu mengikuti seluruh proses perkuliahan, maka diselenggarakanlah kegiatan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Sekolah Tinggi Sandi Negara sebagai proses rekruitmen dan seleksi terhadap calon mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Kegiatan SPMB STSN 2016 diselenggarakan mulai bulan Januari sampai dengan Juli 2016. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu: a. Publikasi SPMB STSN 2016 melalui Iklan di Media Masa dan Online; b. Pembukaan pendaftaran online c. Pengiriman Berkas Pendaftar d. Seleksi Tahap I : Seleksi Berkas e. Daftar Ulang Peserta yang lulus seleksi Tahap I; f. Seleksi Tahap II : Tes Kompetensi Dasar (TKD); g. Seleksi Tahap III : Tes Akademik; h. Seleksi Tahap IV : Psikotes; i. Seleksi Tahap V : Kesehatan, (MCU dan MMPI) serta Kebugaran; j. Seleksi Tahap VI : Wawancara CT/MI, Akademik dan Psikologi; k. Seleksi Tahap VII : Pantukhir

Seleksi tahap I yaitu memverifikasi kelengkapan berkas peserta oleh panitia SPMB STSN 2016. Dari 1.866 peserta yang mengirim berkas, yang lulus seleksi berkas/administrasi sebanyak 1.629 peserta dengan rincian 693 orang laki – laki dan 936 orang perempuan. Selanjutnya tahap II yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dilaksanakan di Gedung CAT (Computer Assisted Test) Badan Kepegawaian Negara, Jl. Mayjen Sutoyo no.12, Cililitan, Jakarta Timur. Tahap III yaitu tes akademik yang meliputi matematika, bahasa inggris dan TPA yang dilaksanakan di Gedung Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor (GWW IPB), Kampus Dramaga (Jalan Raya Dramaga), Bogor, Jawa Barat. Adapun untuk seleksi tahap IV sampai dengan tahap VI tes dilaksanakan di kampus STSN, kecuali untuk pelaksanaan tes kesehatan (MCU) dilaksanakan di Bagian MCU RSPAD Gatot Subroto. Tahapan akhir yakni tes pantukhir dilaksanakan di Auditorium Roebiono Lemsaneg RI.

Pada kegiatan SPMB STSN 2016 jumlah pendaftar ada sebanyak 1976 peserta. Tahapan seleksi yang dilaksanakan pada SPMB STSN 2016 menggunakan sistem gugur pada tiap tahapannya. Hingga seleksi tahap VII, telah dipilih sebanyak 80 orang, terdiri dari 37 perempuan dan 43 laki-laki, yang telah dinyatakan lulus seleksi sebagai calon mahasiswa STSN.

Sebelumnya Berikutnya