Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Tahun Akademik 2016/2017 dilaksanakan dari tanggal 19 September sampai dengan 12 Oktober 2016. PKL dilaksanakan di 15 lokus, yaitu Baintelkam Mabes POLRI, Pusintelad TNI AD, Kejagung RI, Kantor Staf Presiden, Badan Narkotika Nasional, Bais TNI, Kemenkominfo, Diskomlekal TNI AL, Arsip Nasional, Pusdatin Kemendagri, Pusdatin Kemenkes, Kemenkopolhukam, Dispamsan AU, Puskom Kemlu, dan Pusdatin Kemhan. Peserta PKL yaitu Mahasiswa STSN semester 7 (tingkat IV) yang dibagi menjadi 15 kelompok. Masing-masing kelompok PKL didampingi oleh seorang dosen STSN.

Pada PKL ini pada setiap lokus dihasilkan aplikasi pengamanan informasi dan atau peraturan, pedoman, atau SOP yang disesuaikan dengan kebutuhan lokus. Aplikasi yang dihasilkan antara lain: e-arsip, modifikasi SIKD, aplikasi KlikKanan, aplikasi Key Generator, Aplikasi Random Key Generator, dan aplikasi Manajemen Kunci. Mahasiswa juga memberikan kontribusi nyata terkait analisis penerapan manajemen keamanan informasi dengan lndeks KAMI; analisis kesenjangan; analisis SWOT; dan analisis lain yang mendukung pengambilan kesimpulan. Secara umum penilaian lokus PKL terhadap kinerja mahasiswa STSN sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan apresiasi yang sangat baik pada saat penutupan PKL serta penilaian narasumber dan instruktur yang sangat baik.

Setelah kegiatan PKL terlaksana selanjutnya adalah kegiatan seminar laporan PKL. Seminar laporan PKL adalah kegiatan penilaian terhadap laporan PKL tiap kelompok. Reviewer PKL terdiri dari 2 (dua) orang dosen termasuk dosen pembimbing. Pelaksanaan seminar laporan PKL pada tanggal 17, 18 dan 20 Oktober 2016. Laporan PKL yang akan disampaikan ke lokus PKL dan Perpustakaan STSN.

Sebelumnya