Suhu politik yang kian memanas di Indonesia akhir-akhir ini telah begitu meresahkan rakyat Indonesia. Peristiwa pengesahan UU Pilkada melalui DPRD telah menimbulkan gejolak dalam masyarakat akibat adanya pro dan kontra terhadap UU tersebut. Hal ini disinyalir sebagai upaya adu domba dari pihak asing agar masyarakat Indonesia tak lagi berpegang teguh pada Pancasila dan cenderung kepada politik liberal, demikian sambutan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Sandi Negara RI, Kolonel (Chb).R. Oct. Joko Supangkat, S.M pada upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2014 yang diselenggarakan di Kampus Bumi Sanapati.

Lebih lanjut Kapusdiklat menghimbau kepada PNS, mahasiswa, dan siswa Diklat di lingkungan Kampus Bumi Sanapati untuk kembali kepada nilai-nilai luhur yang terdapat pada Pancasila seperti tenggang rasa, saling menghormati serta musyawarah untuk mufakat. Fenomena yang terjadi di masyarakat beberapa tahun sejak reformasi 1998 adalah menipisnya perhatian pada nilai-nilai Pancasila. Sebagai contoh yaitu pada saat berlangsungnya Pilkada Langsung dan Pilkada tidak Langsung yang telah diteliti dan dihitung biayanya maka dimunculkanlah RUU Pilkada Tidak Langsung, namun ternyata mendapat penolakan keras dan protes dari berbagai pihak yang berakhir dengan tindakan anarkis dan kericuhan hingga dikeluarkannya PERPPU.

Sebagai aparatur negara Kapusdiklat juga menhimbau agar tidak ikut-ikutan dengan mereka yang tidak pro Pancasila serta saling menjaga dan saling mengingatkan dengan teman sejawat agar tetap berada dalam koridor Pancasila serta mewaspadai adanya campur tangan asing dalam kehidupan berdemokrasi khususnya. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Pandangan, Falsafah hidup, kepribadian Bangsa, serta dasar filsafat negara, Pancasila tidak hanya merupakan peraturan perundang-undangan, melainkan juga merupakan sumber moralitas terutama dalam hubungannya dengan legitimasi kekuasaan, hukum serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara melalui nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya.

Sebelumnya